Minggu, 25 November 2012

langkah-langkah dasar melakukan sendiri tune up mesin mobil


Berikut ini langkah-langkah dasar melakukan sendiri tune up mesin mobil. Anda akan memerlukan layanan manual untuk mobil Anda, busi, distributor dan kondensor poin, kunci pas busi, obeng, peraba mengukur dan kunci pas bulan sabit kecil. Untuk membeli bagian Anda akan perlu tahu ukuran mesin mobil Anda, jumlah silinder, dan ukuran karburator. Mengubah busi adalah tugas yang rumit, dan pemilik mobil disarankan untuk tidak mencobanya tanpa bantuan untuk beberapa kali. Namun, jika Anda tahu bagaimana, atau ingin mencoba dengan bantuan seorang teman, ada beberapa tindakan pencegahan untuk mengambil. Saat melepas kabel busi, jangan tarik mereka langsung pergi dengan menarik tajam, bukannya bekerja mereka dengan hati-hati. Pastikan Anda label mereka di depan waktu sehingga Anda dapat menghubungkan mereka kembali dalam urutan yang tepat. Menggunakan potongan-potongan selotip dan penomoran mereka adalah cara yang baik. Jangan overtighten colokan baru; mereka harus nyaman, tetapi tidak mustahil untuk menghapus. Instalasi poin baru dan kondensor di distributor adalah rumit jadi saat pertama kali Anda mencoba itu Anda harus memiliki seseorang membantu Anda yang tahu bagaimana melakukannya. Bila Anda telah menginstal busi baru, poin dan kondensor dan disesuaikan kesenjangan poin, membawa mobil ke dealer atau garasi Anda dan minta mereka menyesuaikan waktu. Ini akan memakan waktu sekitar 10 menit. Tapi bagaimana Anda tahu kapan Anda membutuhkan mobil tune up? Ini adalah gejala yang paling umum: sulit untuk memulai, itu lamban ketika Anda menginjak pedal gas dan kekurangan PEP, itu idles dan membakar lebih banyak gas daripada dulu. Seberapa sering seharusnya mobil dituning up? Tidak ada interval yang ditetapkan karena mobil dan kebiasaan orang mengemudi berbeda. Setiap 10.000 mil adalah aturan-of-thumb, tetapi beberapa mobil perlu tune up lebih sering, orang lain dapat pergi lagi. Jika Anda membawa mobil Anda ke bengkel untuk disetel, Anda harus tahu apa yang termasuk dalam kecil dan besar mobil tune-up. A minor tune-up termasuk penggantian titik, kondensor dan busi, pengaturan waktu percikan dan menyesuaikan karburator menganggur. Sebuah tune mobil besar hingga mencakup pemeriksaan dari kompresi mesin, penggantian pembersih, atau dan penyesuaian busi, membangun kembali distributor, menyesuaikan waktu, karburator, dan sabuk kipas. Membersihkan terminal baterai, servis pembersih udara, koil, manifold panas katup kontrol dan filter saluran bahan bakar. Namun, cara terbaik untuk membantu meningkatkan kinerja mesin adalah untuk menjaga mesin dan sistem pengapian bersih. Tidak ada keahlian khusus yang diperlukan, hanya beberapa lap bersih dan dapat dari pelarut untuk menghilangkan minyak dan noda lemak dari mesin itu sendiri dan dari beberapa komponen dari sistem listrik. Tidak banyak yang menyadari efek berbahaya dari kotoran pada bagian luar mesin. Sebuah film dari kotoran dan minyak pada blok mesin bertindak seperti isolator dan dapat membuat mesin berjalan lebih panas. Sebagian besar kotoran ini menumpuk di atas mesin. Keluarkan udara bersih untuk mendapatkan mesin lebih mudah dan menutupi karburator dengan sepotong plastik. Untuk keamanan lepaskan kabel negatif dari baterai untuk menghilangkan kemungkinan percikan api. Bersihkan permukaan dengan kain, dan jika film ini berat, semprot pada degreaser mesin. Bersihkan bagian atas busi (bagian porselen putih dari steker) dan kabel, yang mengarah ke colokan. Kotoran yang mengumpulkan pada busi dan kabel mengurangi arus listrik yang mengalir ke businya dan dapat menjadi penyebab keras mulai, terutama dalam cuaca lembab. Selama musim dingin, mobil diparkir di luar kadang-kadang sulit untuk memulai selama periode salju atau hujan. Untuk ini, membeli sekaleng semprot pengapian pelindung. Semprot ini sebenarnya drive keluar kelembaban dan insulates kabel dan koneksi, semua yang membuat mulai jauh lebih mudah. Anda semprot pada busi, kabel, tutup distributor dan coil. Arah lengkap disertakan pada kaleng. Sementara tuning mobil Anda dan pembersihan mesin, cari semua kabel yang longgar atau memiliki tampak aus atau retak isolasi. Jika Anda melihat apapun, menunjukkannya kepada mekanik Anda, atau mengganti mereka sendiri

Sabtu, 24 November 2012

Kampas kopling


Kampas kopling cepat aus bukan cuma disebabkan kualitas oli dan cara pakai. Yang lebih penting adalah proses pemasangan peranti di rumah kopling, terutama mengatur posisi pasang pelat kopling terhadap kampas. Jika sembarangan kemungkinan berakibat fatal. Permukaan kampas terkikis hingga menyebabkan turunnya tenaga lantaran bentuk lingkar luar pelat kopling berbeda. Hal itu berisiko menggerus kampas saat kopling bekerja. Cara mendeteksinya dapat dengan melihat lingkar luar pelat yang satu sisinya agak bundar, sedang bagian sisi sebelahnya siku juga lebih tajam. Nah, jika pemasangan pelat ada yang terbalik atau susunannya sembarang, bagian yang siku dan tajam dengan mudah memangkas permukaan kampas. Terlebih jika bagian itu berhadapan dan saat kopling dalam posisi bebas. Tak ayal pelat berputar di antara kampas kopling ikut pula mengkikis. Mau arahnya semua ke dalam atau keluar sama atau bisa saja. Yang enggak boleh, bagian bersiku tajam atau bundar jangan saling berhadapan satu sama lain. Misal, urutan pemasangan pertama adalah kampas dimasukkan ke rumah kopling. Lanjut diikuti penataan pelat yang bagian lingkar luarnya siku dan tajam arahnya ke dalam.

Bore Up Jupiter Z Terbaik


Untuk mendapatkan hasil terbaik untuk tune up atau bore up Jupiter Z bisa diikuti langkah-langkah berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber di Internet: Tips Tune Up Jupiter Z Harian: 1. Kepala Silinder - Porting Polish, tapi di bengkel yg paham dengan porting polish. - Naik Kompresi, daripada bubut head atau blok lebih baik pakai piston jenong ( seperti saran yg diatas ) ring bisa pakai standarnya atau NPR. - Noken as Racing, bisa di bubut yg bawaan motornya ( kalo bubut di bengkel yg paham dan terbiasa ) atau beli yg sudah jadi aja. 2. Karburator - Bisa setting PJ jadi 20 atau 22,5 MJ 115 sebagai patokan awal - Atau bisa ganti dengan karburator Suzuki Arashi, Seken harga sekitar 250 rb an klo salah mohon maaf, agak2 lupa :) - Atau bisa reamer karbu dan over bosh skep karbu dgn skep Karbu Suzuki Tornado.. 3. Knalpot - Bisa pakai Standarnya, tp agak nahan di putaran atasnya. - Bisa diganti lehernya dgn diameter yg lebih besar ( bikin di tukang knalpot ) - Ga mau repot? lsg pasang knalpot racing aja, merek dan jenis sesuai selera aja yg penting diameter leher lebih besar dibanding standar aslinya. mungkin intinya itu aja, setingan yg lainnya mengikuti keinginan pengendarai itu sendiri 1. Gear Set STD 36/15 bisa tukar dgn gear Jupiter Z burhan 35/15 utk trek panjang, utk trek pendek bisa tukar dgn Gear Force 1 39/15 utk trek pendek 2. Koil Busi Oli Per & Kampas Kopling Koil lebih baik dari motor standar, misal RM atau YZ Busi, klo sering di geber dalam jangka waktu lama dan jarak jauh bisa pakai busi dingin / iridium klo jenis dan tipe saya lupa, bisa tanya di yahoo asnwer lg Oli, pakai yg standar juga bisa yg mahalan juga bisa. yang penting olinya ASLI dan jangka waktu ganti oli jgn telat ( klo sudah naik kompresi biasanya suhu mesin meningkat ) Per & Kampas Kopling. Bisa diganti atau tidak. klo masih terasa maknyus ga usah diganti. biar hemat gitu hehehe.. Klo mau ganti bisa pakai per BRT dan kampas Suzuki FR 80.. Atau yang ini juga boleh dicoba: step by step aja tune up nya dari yang tinggal plug and play langsung ke yang maen bubut/bongkar pasang blok mesin. 1.knalpot ganti pake knalpot freeflow,pipa pjg untuk topspeed atau pilih yng pndek buat lbih di akselerasi merk bnyak ko.ada ahrs,nmf,ahm,art,snd dll.kalo pnen pas,hamdmade aja. 2.cdi unlimit BRT yang dualband tinggal pilih kurva TR(tuneup racing),pas banget sama nambah di performa koil pake aja yang standar. 3.busi pake NGK iridium ix 4.karbu mening pake yang 26mm pe nya kalo mesin standara. mikuni vm pe26(rx king) atau keihin pe26(nsr-r) kalo pengen ekstrim lagi pake keihin pe28(nsr-sp) setting aja pj ama m nya 5.gir rasio 6.lepas paking 1 biji

tips tipz motor matic
Batasan aus jika lebih dari 1mm Selain lewat kasat mata, gejala roller aus juga bisa dipastikan secara detail lewat ukuran. Ya, roller yang berfungsi untuk menggerakkan puli depan agar kembang-kempis hingga bikin belt naik-turun itu, bisa dipantau lewat total diameter roller. Sebab umumnya selama ini, mengetahui keausan roller hanya bisa dipantau dari bentuk keseluruhan atau bulat tidak- nya roller. Artinya, jika ada bagian yang terkikis lebih alias peyang, maka roller sudah minta ganti baru. Tapi, bagaimana jika ingin tahu aus tidaknya roller di motor, meski sejatinya belum masuk jadwal penggantian yang ditentukan pabrikan. Ambil contoh, di roller milik Honda BeAT atau Scoopy. "Untuk BeAT dan Scoopy sama. Batasan penggantian roller jika diameter keseluruhan roller sudah mencapai 15,3mm,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM). Sedang untuk roller baru, diameter keseluruhan roller mencapai angka 16,2mm. So, jika kondisi roller tidak peyang atau terkikis di satu sisi, maka usia roller bisa dipakai hingga ketipisannya berkurang sekitar 0,9mm. Eits, belum cukup sampai situ lho! Mengetahui keausan roller juga bisa dicek dari kondisi logam pada sisi terdalam roller. Ya, yang berwarna kuning itu, lho. “Jika dikocok roller terasa oblak, maka roller sudah aus. Karena seharusnya tidak boleh ada oblak,” beber Toni Suwaryanto dari Toni Jaya Motor (TJM) di Jl. Padang Panjang No. 1, Manggarai, Jakarta Selatan. Menurut Toni yang bengkelnya kerap jadi rujukan komunitas Nouvo Owner Society (NOS) ini, roller oblak akan bikin akselerasi jadi lambat. Cek deh! (motorplus-online.com) Usir Suara Mendecit CVT Yamaha Mio Pakai Lem

Sejarah Otomotif

Sejarah ditemukan mesin mobil Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot de...