Rabu, 26 Mei 2010

Kopling Starter

Kopling Starter
Kopling starter adalah bagian dari sistem starter elektrik yang menghubungkan rotor magnet dengan poros engkol. Dinamo starter menghasilkan putaran mula - mula untuk membuat poros engkol berputar. Putaran poros engkol ini akan membuat siklus mesin akan bekerja, yaitu gas baru masuk ke dalam ruang bakar , dan kemudian terbakar oleh percikan bunga api listrik dari busi. Ketika hasil pembakaran sudah terjadi dan dapat menggerakkan poros engkol, maka tenaga putaran yang semula dari dinamo starter diputus. Pemutusan tenaga gerak dari dinamo starter ini yaitu dengan melepas / tidak menekan switch starter di stang motor, yang penekanannya dilakukan dengan manual oleh pengemudi sepeda motor tersebut. Setelah pembakaran / siklus mesin terjadi terus, tenaga gerak poros engkol didapat dari hasil pembakaran gas baru tersebut. Saat inilah yang kita sebut dengan mesin hidup.

Adapun komponen kopling starter adalah bagian dari unit starter elektrik yang bagiannya meliputi :
Sproket starter
Bagian luar kopling
plunger
pegas
Roda kopling satu arah
Fungsi kopling starter adalah memutar poros engkol secara satu arah yaitu searah putaran jarum jam. Di mana kopling starter ini hanya bekerja secara satu arah putaran. Maksudnya pada putaran searah jarum jam kopling starter akan meneruskan putaran, namun pada arah sebaliknya kopling starter akan memutuskan putaran. Atau sering kita sebut dengan istilah kopling satu arah / one way clutch. Pada saat starter dan mesin masih mati , kopling starter yang memutar poros engkol. Namun pada saat mesin telah hidup, poros engkol telah berputar sendiri. Dengan pergerakkan poros engkol ini tidak membuat kopling starter diputar ( atau tidak memutar kopling starter). Pada saat inilah kopling starter memutuskan putaran ke poros engkol yang disebabkan konstruksi dari kopling starter tersebut, walaupun switch starter masih ditekan oleh pengemudi.

Jika poros engkol dapat memutar kopling starter , maka hal yang terjadi adalah kebalikan dari saat starter. Hal ini akan membuat dinamo starter diputar oleh poros engkol, yang berakibat dinamo starter akan terbakar. Untuk memahami cara kerja kopling starter lebih jelasnya , silahkan Anda baca postingan saya tentang cara kerja kopling starter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Otomotif

Sejarah ditemukan mesin mobil Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot de...